Ronascent Compilation Vol.1: Sebuah Kolaborasi Apik Media Dengan Band

Jangan lagi berbicara tentang bagaimana caranya merembukkan masing-masing scene yang ada di Surabaya, itu terlalu kuno. Salah seorang musisi lawas di Surabaya pernah berujar bahwa perbedaan hingga permusuhan antara kelompok genre satu dengan yang lainnya ialah hal wajar, baginya, yang tidak wajar adalah kenapa Surabaya tidak memiliki band mapan seperti kota-kota besar lainnya. Melalui latar belakang seperti itu, secara swadaya terbentuklah satu media online sederhana yang kelak difungsikan untuk memediasi kebutuhan band-band dari Surabaya dalam mempublikasikan karyanya.

Singkat cerita, media yang kalian kenal dengan nama Ronascent ini akhir tahun lalu (30/12) akhirnya memberanikan diri membuat satu album kompilasi lintas genre berisikan band-band dari Surabaya. Kompilasi tersebut sekaligus menjadi rekam jejak atau kaleidoskop geliat skena musik sidestream di Surabaya. Sepuluh partisipan yang ada di dalamnya adalah band-band lokal dengan integritas tinggi di sepanjang tahun 2013. Ronascent menyajikannya kembali menjadi satu rilisan yang ditujukan agar menjadi rujukan publik di tahun 2014 ini.

Terselip pula dalam kompilasi ini, Ronascent perlahan mengupayakan adanya simbiosis antara band dengan masing-masing genre yang berbeda. Tidak ada keinginan untuk merubah tetapi hanya memberikan warna di tengah pengapnya arus genre modern nan seragam yang mengekspansi Kota Pahlawan. Menyenangkan ketika mengakhiri track akustik sendu milik Taman Nada dan menyambungnya lagi dengan ketukan punk ala Give Me Mona. Atau menyudahi nuansa kelam European Ocean milik Cotswolds yang diteruskan dengan part metal Morganostic.

Besar pula harapan dari munculnya kompilasi ini ialah makin luasnya jangkauan band-band Surabaya untuk di dengar. Disamping itu, sudah saatnya Kota yang juga menjadi ibukota Provinsi Jawa Timur ini kembali melahirkan band-band bagus berkualitas.

Sekalipun hanya bersifat digital, tanpa disangka kompilasi ini mampu menarik perhatian dari ratusan pasang telinga. Akhir Januari ini Ronascent Compilation Vol.1 akan genap berusia sebulan, kami berterima kasih banyak pada lebih dari 300 orang yang telah mengunduhnya serta 1.000 lebih orang yang telah mendengarkannya via Soundcloud. Mungkin jumlah tersebut masih tergolong sedikit, tapi kami cukup bangga dengan tanggapan positif dari publik atas hasil pemikiran dari tim Ronascent.

Tak hanya sampai di situ, permintaan untuk menggelar pesta launching kompilasi ini pun bermunculan. Kami seakan kehabisan akal untuk menanggapinya, ini di luar dugaan dan akan kami usahakan. Terima kasih banyak atas segala permintaan, usulan dan kritikan. Di volume berikutnya, masih dengan konsep yang sama tim kami akan lebih selektif, segmentif dan representatif lagi dalam mengolah kompilasi ini.

Tinggalkan komentar