Lagi, The Used Kritisi Dunia Lewat Album

Tidak perlu diragukan lagi kapasitas The Used yang selama ini sukses memadukan berbagai isu sosial dengan musiknya. Mulai dari album Artwork, Vulnerable hingga yang tahun lalu rilis The Ocean of the Sky semuanya tepat sasaran, sehingga kuartet emo asal Amerika ini berhasil menggiring penggemarnya untuk turut peduli dengan yang mereka suarakan. Sesuai dengan janji Mc Cracken tahun lalu, EP The Ocean of the Sky akan dijadikan jembatan dari album Vulnerable ke album penuh berikutnya. Dan terbukti, belum genap sebulan memasukki 2014, The Used akhirnya mengumumkan detail album keenam mereka.

Adalah Imaginary Enemy yang mereka gadang-gadang akan lebih fenomenal dari album sebelumnya. Jika menilik dari paduan judul album serta cover tentu kita akan dengan mudah merasakan unsur konspirasi yang coba dibangun The Used. George Bush, Che Guevara, Kim Jong Un, Ayatollah Khomeini serta puluhan wajah tokoh dunia lain turut menghiasi sampul depan Imaginary Enemy dengan fokus pada hati yang tergantung.

Seperti yang dilansir oleh loudwire pekan lalu, Bert Mc Cracken akhirnya angkat bicara perihal album keenam bandnya. Baginya, album Imaginary Enemny ini masih terkonsep sama dengan yang sebelumnya di mana mereka terus menyuarakan musik sebagai bahasa yang universal. “Untuk membentuk dunia yang lebih sempurna, tentunya kita harus mempertanyakan cara dunia bekerja. Beberapa orang menganggap seni sebagai cara untuk melarikan diri dari realita, sedangkan yang lainnya melihat seni sebagai cermin yang mencerminkan masyarakat. Terkadang kami sedih, tapi kami percaya bahwa seni bisa menjadi senjata yang digunakan untuk membentuk dunia agar menjadi lebih baik,” jelasnya.

Sementara itu, dari segi musik band yang dikenal lewat single Burried Myself Alive ini tidak banyak mengalami perubahan. Nuansa emo nan progresif masih jadi sajian utama di keduabelas lagu yang tersaji. Untuk pemanasannya, Senin kemarin (27/1) The Used merilis klip pertamanya yang diambil dari track nomor dua, Cry.

Untuk masa pre-order album Imaginary Enemy pun sudah mulai dibuka sejak pekan lalu. Album yang diproduksi oleh Anger Music Group (anak perusahaan dari Hopeless Records) ini akan rilis tepat pada April Fools Day atau biasa kita kenal dengan April Mop yakni tanggal 1 April mendatang. Tentunya sangat menarik untuk ditunggu, terlebih Bert Mc Cracken, Quinn Allman, Dan Whitesides dan Jeph Howard masih belum banyak berbicara lebih detail tentang albumnya tersebut.

Tinggalkan komentar